“QARYAH
ARABIYAH”
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA
ARAB
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
TAHUN 2015
A. PENDAHULUAN
Dalam menghadapi
perkembangan zaman dan persaingan yang semakin ketat, kemampuan berbahasa Arab
pada mahasiswa perlu ditingkatkan melalui berbagai kegiatan kreatif dan
inovatif. Program kegiatan pembinaan tersebut hendaknya dilaksanakan sedini
mungkin ketika mahasiswa masuk Universitas Negeri Jakarta. Memperhatikan
kenyataan bahwa mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri
Jakarta masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan
mereka dalam penguasaan berbagai keterampilan berbahasa Arab, maka upaya untuk
memperbaiki model pembinaan mendesak untuk segera dilakukan.
JBSA UNJ
menyadari bahwa pembinaan kemampuan berbahasa Arab pada mahasiswa tidak bisa
hanya dibatasi dan digantungkan pada proses pembelajaran klasikal dan pertemuan
tatap muka saja. Berbagai tugas yang menyertai setiap mata kuliah sebagai
konsekuensi beban SKS selama ini juga dirasa masih belum mencukupi dalam rangka
mempercepat dan melompatkan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa. Berdasarkan semangat
untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam rangka meningkatkan kemampuan
berbahasa Arab mahasiswa, JBSA UNJ akan melaksanakan kegiatan “Qaryah
Arabiyah”. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu terjadinya peningkatan
motivasi dan kesadaran mahasiswa untuk belajar berbahasa Arab dengan lebih efektif
dan efisien. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membangun iklim komunitas yang
secara bersama-sama secara sadar memahami pentingnya lingkungan berbahasa dalam
membantu penguasaan keterampilan berbahasa Arab yang berkualitas dan berdaya
saing tinggi.
B. TUJUAN
Kegiatan “Qaryah Arabiyah” bertujuan untuk :
1.
Meningkatkan kompetensi kebahasaan mahasiswa
2.
Meingkatkan motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa
3.
Membangun lingkungan berbahasa Arab
C. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini diselenggarakan selama 7 hari, mulai tanggal
22 – 28 Februari 2015 dengan mengasramakan peserta dalam lingkungan komunitas
berbahasa Arab.
Tempat penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan di desa
Rorotan Jakarta Utara.
D. PESERTA
Peserta kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa JBSA UNJ
tingkat satuyang berjumlah .... orang.
Seluruh peserta akan dibagi dalam kelompok-kelompok yang
selanjutnya menjadi satuan keluarga. Setiap KK terdiri atas 8 – 10 anggota
keluarga, dimana setiap orang dalam keluarga berbagi peran sebagai kepala
keluarga (al-abb), ibu rumah tangga (al-umm), dan anak (abna’). Setiap KK
mendeskripsikan tugas dan kewajiban masing-masing demi keberlangsungan rumah
tangga.
Selanjutnya, beberapa KK disatukan dalam organ RT yang
akan dipilih seorang ketua RT, dan dari kumpulan RT ini terbentuklah sebuah
kampung yang dipimpin oleh seorang Kepala Kampung.
E. FASILITATOR
Fasilitator dalam kegiatan ini terdiri atas :
1.
Dosen Jurusan Bahasa Arab
2.
Mahasiswa tingkat akhir
3.
Pengurus BEMJ-BSA
4.
Alumni JBSA
F. DESKRIPSI
MATERI DAN PROGRAM
Beberapa bentuk kegiatan yang (mungkin) dilakukan dalam program ini:
1. Ta’lim / Tutorial
Adalah kegiatan pembelajaran kelas dengan menyuguhkan
materi-materi Nahwu danSharaf, atau pembenahan struktur tata
bahasa Arab. Tujuan dari penyajian materi ini adalah agar mahasiswa mengenal
bentuk-bentuk fi’il dan perubahannya dengan sangat baik, perubahan tensis
(kalimat) dasar bagi mereka yang kemampuan berbahasa Arabnya masih lemah dan
pemantapan bagi mereka yang telah mempunyai kemampuan berbahasa Arab secara
baik.Materi ta’lim disampaikan oleh instruktur / tutor dan didampingi oleh
koordinator program. Durasi waktu untuk kegiatan ini 2 x 45 menit.
2. Khithabah / Muhadharah
Merupakan kegiatan ceramah keagamaan atau pidato,
diadakan setiap pagi hari setelah melaksanakan sholat subuh secara berjamaah
atau pada waktu tertentu yang dijadwalkan secara khusus. Ceramah ini
disampaikan oleh peserta perkampungan dengan menggunakan bahasa Arab. Program
ini didampingi oleh koordinator Program/instruktur. Durasi waktu yang diberikan
untuk program ini 1 x 30 menit. Bentuk ceramah akan diatur antara ceramah dalam
keluarga, dalam RT, maupun untuk seluruh anggota kampung. Semua materi ceramah
disampaikan dalam bahasa Arab untuk memacu kemampuan peserta dalam menggunakan
kosakata yang telah dihafal sebelumnya dengan memberikan standar waktu bagi
peserta untuk melakukan pidatonya.
3. Munaqasyah
Adalah program diskusi
yang menyajikan tema-tema yang dekat dengan fenomena kehidupan sehari-hari,
sehingga peserta dapat memahami topik pembicaraan, dan juga dengan mudah
mencerna diskusi yang disajikan sehingga para peserta dapat terlibat aktif
dalam diskusi tersebut. Diskusi dipandu oleh seorang instruktur / mentor yang dapat
dimodifikasi dalam beberapa metode misalnya dalam bentuk talkshow atau
talklive. Durasi waktu untuk kegiatan ini adalah 2 x 30 menit.
4. Ijtima’ Mihniyah / Rasmiyah
Adalah pengenalan jenis pertemuan formal, dengan
mempraktekkan pertemuan formal tersebut dan juga melibatkan peserta secara
langsung, misalnya dengan menjadi rais lajnah (MC), muhadhir
(penceramah) untuk haflah iftitah, atau haflah ikhtitam. Durasi
untuk kegiatan ini adalah 2 x 45 menit
5. Muhadatsah Hurrah
Kegiatan ini merupakan kegiatan komunikasi antar sesama
peserta secara berpasangan, dengan topik yang telah ditentukan oleh instruktur,
para peserta bebas berbicara dengan pasangannya, dengan menggunakan bahasa Arab.
Instruktur/mentor mempunyai peran untuk mengawasi jalannya percakapan antara
peserta, dan membantu peserta jika ada peserta yang mengalami kesulitan kosa
kata. Durasi waktu yang diberikan 1 x 45 menit.
6. Iritijal (Improvisasi)
Adalah kegiatan membangun dan pengembangan diri dalam
entitas keseharian, atas peranan yang diberikan terhadap topik yang diberikan
oleh instruktur dalam bentuk interaksi individu maupun kelompok. Memperkenalkan
peranan adan fungsi dalam suatu komunitas. Durasi kegiatan ini berlangsung
selama 1 x 45 menit
7. Riyadhah Badaniyah
Adalah kegiatan olah raga yang di lakukan pada pagi hari,
dengan menggunakan instruksi-instruksi berbahasa Arab, sehingga peserta dapat
mengenal dan mengetahui ragam instruksi dalam olah raga maupun kegiatan
baris-berbaris. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur, durasi waktu 1 x 45 menit.
8. Al’ab (Games)
Adalah pola permainan yang menghibur dengan muatan
edukatif, yang melibatkan peserta. Games yang diadakan berkaitan dengan daya
penalaran, dan penguasaan kosakata, sehingga membantu peserta membangun daya
ingat dan juga berfungsi sebagai penyegaran bagi peserta. Games dipandu oleh
instruktur dengan durasi waktu 2 x 45 menit dan dapat disesuaikan dengan
kondisi yang berlangsung.
9.Kalimatul Murur (Password)
Adalah kata sandi yang disebutkan sebagai kata kunci
(kosakata) sebelum makan pagi, makan siang, makan malam, dan sebelum tidur.
Tujuannya adalah agar para peserta dapat menambah perbendaharaan kosa kata
bahasa Arab mereka. Instruktur dan panitia berperan dalam memberikan
pengawasan. Durasi waktu 1 x 15 menit.
10. Bina’ul Qishah
Adalah kegiatan peserta dalam membangun kemampuan
berbicara dan bercerita mengenai pengalaman dengan menggunakan bahasa Arab. Cerita
disampaikan dalam keluarga masing-masing dan diadakan di luar ruangan
(outdoor). Kegiatan ini mendapat bimbingan oleh tutor masing-masing kelompok. 1
x 45 meit.
11. Imtihan Tahdid Mustawa
Adalah tes bagi peserta pada awal pertemuan, ditujukan
untuk mengklasifikasikan peserta mana yang sangat minim kemampuan bahasa Arabnya,
dan mana yang telah mempunyai kemampuan bahasa Arab yang lebih baik, agar
penyampaian materi serta pendekatan yang digunakan oleh para instruktur tepat
guna. 1 x 45 menit. Tes ini juga digunakan untuk mengidentifikasi kesiapan
peserta dalam mengikuti program yang akan dijalaninya.
12. Muqaabalah Maidaniyah
Merupakan bagian dari tes dalam berkomunikasi secara
langsung kepada dosen bahasa Arab, alumni, maupun instruktur. Para peserta akan
menggali berbagai informasi yang berkenaan dengan para dosen, alumni, atau
instruktur secara lebih akrab dan mendalam, baik yang berhubungan masalah
pribadi, karir, atau pandangan lainnya. Durasi waktu 2 x 60 menit.
13. Taqyim Yaumiy
Merupakan evaluasi harian yang berkaitan dengan
pelaksanaan program yang berlangsung dalam setiap harinya. Evaluasi ini
berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan dari setiap peserta. Kegiatan ini
dilaksanakan dalam keluarga yang dibimbing langsung oleh tutornya
masing-masing. Durasi waktu 1 x 45 menit.
14. Iblagh (Reporting)
Program ini mengakomodir segala bentuk kritik dan saran
dari setiap peserta dan juga koreksi instruktur terhadap peserta yang membuat
pelanggaran-pelanggaran yang dilanjuti dengan pemberian sanksi-sanksi. Kegiatan
ini dipandu oleh koordinator program. Durasi waktu 15 menit.
15. Masrahiyah
Program ini diperuntukkan sebagai salah satu bentuk
aktualisasi seni guna mengeksplorasi setiap bakat peserta yang harus
dipentaskan dalam bentuk drama bahasa Arab pada akhir kegiatan yang dibimbing
langsung oleh instruktur dengan mengangkat tema-tema sosial yang aktual dan
bersifat hiburan dan tuntunan dengan durasi waktu 2 x 15 menit.
16. Riwayatul Qishah (Story Telling)
Suatu Bentuk Kegiatan yang bermuara pada pengembangan dan
kecakapan berbicara yang lebih difokuskan pada materi dan tema-tema sentral seputar
kisah dan pengalaman pribadi peserta serta kisah sejarah yang monumental yang
mereka kuasai sebagai salah satu bentuk aktualisasi pembelajaran qawaid dan
kecakapan menyimak yang dipandu oleh instruktur dengan durasi waktu 2 x 15
menit.



No comments:
Post a Comment