|
Sekolah
|
: SMP Muhammadiyah 31 Jakarta
|
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Arab
|
|
Materi Pembelajaran / Bab
|
: الأوْصَاف / الباب الثالث
|
|
Kelas/ Semester
|
: VIII-a
/ 1 (satu)
|
|
Pertemuan Ke-
|
: 5 (Lima)
|
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 40’
|
A.
Standar
Kompetensi
Menguasai
empat keterampilan dasar berbahasa Arab (menyimak, berbicara, membaca dan
menulis)
B.
Kompetensi
Dasar
Siswa mampu
menyimak, berbicara, membaca dan menulis tentang kampung halaman yang memuat
tentang حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN HASIL BELAJAR
1.
Siswa mampu memahami konsep
penggunaan dhomir muttashil melalui metode
ceramah dan latihan
2.
Siswa mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui
kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu memahami konsep penggunaan dhomir
muttashil
2.
Siswa mampu mengaplikasikan dhomir
muttashil dalam kehidupan sehari- hari
E.
Materi
Pembelajaran
1.
حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له
F.
Metode
Pembelajaran
§ Metode ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran, sebagai penerangan secara lisan atas bahan
pembelajaran juga untuk menimbulkan inspirasi bagi siswa.
§ Metode diskusi : metode ini digunakan untuk
mendorong siswa agar aktif di kelas dan menguatkan pemahaman siswa
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
|
v Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
§ Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
§ Guru
mengecek kehadiran siswa
§ Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
§ Guru
melakukan apersepsi kepada siswa mengenai materi yang akan dipelajari (kata
kepemilikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab)
§ Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi:
Kompetensi dasar dan indikator pencapaian
§ Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
§ Guru memberikan
stimulus kepada siswa mengenai materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-
hari (menyebutkan barang- barang
yang mereka milki dengan menggunakan dhomir muttashil)
v Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Siswa menyimak dengan baik penjelasan
mengenai dhomir muttshil yang dijelaskan oleh guru
§ Siswa
menyimak dengan baik contoh- contoh tentang dhomir muttshil yang dijelaskan oleh
guru
§ Siswa mencatat kalimat baru
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
Elaborasi
§ Siswa mendemonstrasikan apa yang telah mereka pahami dari dhomir muttashil
§ Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas
Konfirmasi
§ Guru
memberikan penguatan tentang kesimpulan dari konsep dhomir muttashil
§ Guru memberikan
kesempatan peserta didik untuk bertanya jawab dengan guru guna meluruskan
kesalahfahaman, serta memberikan penguatan dan kesimpulan
§
Guru dan siswa
berdiskusi hasil kerja siswa dalam menjawab soal latihan yang diberikan oleh
guru
§ Guru memperhatikan kemampuan siswa dalam
memahami isi teks bahasa Arab yang telah dipelajari
v Kegiatan
penutup
Siswa dan guru melakukan refleksi antara
lain :
§ Refleksi keberhasilan, kesulitan dan kendala siswa
dalam memahami materi
§ Bertanggung jawab terhadap metode pembelajaran,
apakah disenangi siswa atau tidak
§ Guru menginformasikan tentang pelajaran yang akan di
pelajari di pertemuan berikutnya
|
10
50
|
Pemahaman Konsep
|
H.
Media Pembelajaran
1.
Power
Point Pembelajaran
2. Games
I.
sumber Pembelajaran
1.
Buku paket
yang digunakan adalah buku “ Al- ‘Ashri ” Belajar Bahasa Arab Modern untuk
kelas VIII karya H. Awaluddin, M. Ag dkk., sesuai kurikulum muhammadiyah dan
kurikulum 2013
2.
Metode permainan-
permainan edukatif dalam belajar bahasa Arab karya Fathul Mujib dan Nailur
Rahmmawati
3. www.
Belajarpsikologi. com
J.
Alat
pembelajaran
1.
Whiteboard
2.
Spidol
3.
Proyektor
4.
Laptop
|
Mengetahui
Guru Pamong Bidang Studi Bahasa Arab
Mugi Rahayu S. Pd
NBM: 1042671
|
|
Jakarta, 8 Oktober
2014
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Fitria Fajrina
NIM. 2715115631
|
No comments:
Post a Comment