Personal Data
Nama :
Fitria Fajrina
Tempat & Tanggal Lahir : Bogor, 23 Februari 1993
Status Pendidikan :
Mahasiswi FBS Universitas Negeri Jakarta
Alamat :
Kp. Kaum Rt
03/01
No. 50 Karang Asem Barat- Citeureup- Bogor
Telpon/mobile :
021- 87908971/ 089634647617
Email :
fifa_ctr@yahoo.com
Jenis Produk :
Es Kul Cool
1. Latar Belakang
Ide ini berawal dari kecintaan saya terhadap es. Hampir
semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai es. Es merupakan
salah satu minuman bernuansa dingin dan memberikan efek kesegaran. Es dapat
diolah menjadi beragam bentuk dengan keistimewaannya masing- masing. Salah satu
macamnya adalah “Es
Kul Cool”.
Es Kul Cool saat ini belum menjadi jajanan masyarakat luas, disebabkan
keterbatasan tenaga ahli pembuatnya. Namun peminat Es Kul Cool sebetulnya terus meningkat dan menjadi komunitas pelanggan
tersendiri. Banyak hal yang membuat Es Kul Cool menarik
perhatian para pecinta kuliner, hal pertama selain harganya yang bisa
terjangkau,
Es Kul Cool adalah minuman yang bahan baku dasarnya berasal dari
buah- buahan. Seperti Es Kul Cool buah pisang misalnya memiliki banyak
manfaat, yaitu diantaranya
bahwa zat-zat bermanfaat
yang terkandung dalam buah pisang mudah di serap oleh
tubuh, bermanfaat dalam penyembuhan anemia, dapat menurunkan tekanan darah,
meningkatkan daya berpikir dan kaya serat sehingga baik untuk diet, sehingga
jika kita mengkonsumsi Es
Kul Cool dengan
variasi bahan baku buah tersebut, minimal asupan gizi yang
masuk ke dalam tubuh kita bisa terpenuhi. Bisnis Es Kul Cool ini merupakan
salah satu bisnis yang mudah dilakukan dan sekaligus untuk mengisi waktu luang disamping tugas pokok sebagai mahasiswa.
2. Tujuan
Tujuan dari usaha Es Kul Cool ini adalah:
a. Melestarikan
salah satu makanan khas Indonesia
b. Membantu
para pecinta kuliner Indonesia dalam menemukan minuman khas Indonesia
c. Salah
satu cara mudah dalam peningkatan kandungan gizi dalam tubuh
d. Salah
satu alternatif penghilang stres.
e. Mengembangkan
minat usaha sehingga menghasilkan pemasukan keuangan tambahan
3.
Promosi
a.
Es Kul Cool (dengan aneka varian buah-buahan)
adalah es buah yang dilapisi coklat
kental . Tampilan ini berbeda dengan Es Kul Cool yang sudah ada di masyarakat, produk Es Kul Cool ini
dibuat dengan ukuran khusus, disamping
dilapisi coklat yang kental, juga
ditaburi coklat powder dan dikemas
dengan unik dan rapi, sehingga terlihat lebih menarik.
b.
Kelebihan lain
dari Es Kul Cool adalah :
Harga terjangkau untuk semua kalangan
Kandungan
gizi cukup dan menjadi sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh
manusia
Proses pembuatannya manual
dan hygienis, sehingga jauh dari bahan-
bahan kimia yang membahayakan
Disajikan dalam kemasan yang simpel dan menarik
Disediakan layanan pesan antar sehingga dapat memudahkan pembeli.
4. Rencana Usaha Pemasaran
Es
Kul Cool adalah sebuah usaha kuliner yang akan dipasarkan melalui jalur media baik
secara online atau offline ,
dimana hal ini memberikan sensasi baru bagi para
pecinta kuliner. Es
Kul Cool juga disajikan dalam kemasan yang menarik dan simpel sehingga mudah dibawa pembeli. Adapun sasaran yang
hendak dituju
pada usaha Es Kul Cool
ini adalah seluruh
strata masyarakat.
Berikut adalah target
pemasaran yang
dimaksud dalam proposal ini :
G Siswa
Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menegah Atas berdomisili di Bogor
G Masyarakat luas
di
sekitar rumah produksi
G Sistem
titip ke warung-warung di sekitar rumah produksi, kantin sekolah atau koperasi
sekolah
G Masyarakat
luas di Indonesia
Adapun teknik pemesanan
yang akan digunakan di Es
Kul Cool
ini adalah sebagai berikut :
è Melalu rumah produksi khusus Es Kul Cool
yang berfungsi sekaligus sebagai
kios jualan
è Mengadakan kerjasama dengan kantin/koperasi
sekolah
è System layanan pesan antar, selain
disediakan nomor hotline, juga bisa dilakukan via email, facebook, twitter dll
è Dalam upaya promosi, jualan
Es Kul Cool ini dilakukan juga melalui media
sosial online seperti facebook, twitter, dll. Selain itu juga melalui pamflet dan spanduk.
è Atau dengan sistem COD, yaitu
system dimana pelanggan memesan dan dibayar
saat Es Kul Cool
sampai ditangan pelanggan/pembeli.
5. Biaya Produksi dan Pemasaran
Adapun rekapitulasi anggaran dana pada usaha Es Kul Cool ini adalah
sebagai berikut :
a. Biaya Produksi
|
Bahan- bahan
|
Volume
|
Biaya
|
|
Pisang
Lampung
|
10 Tandan
|
Rp. 100.000
|
|
Stik
es krim
|
5 Pack
|
Rp. 15.000
|
|
Coklat batangan
|
6 Buah
|
Rp. 60.000
|
|
Coklat Tabur
warna-warni
|
3 Bungkus
|
Rp. 15.000
|
|
Kacang tanah
|
1 kg
|
Rp. 5.000
|
|
Mentega
|
1 kg
|
Rp. 10.000
|
|
Minyak
Kelapa
|
2 liter
|
Rp. 18.000
|
|
Gula Pasir
|
2 kg
|
Rp. 18.000
|
|
Cetak plastik kemasan
|
1 pack
|
Rp. 25.000
|
|
Gas elpiji
|
1 tabung
|
Rp. 15.000
|
|
Total
|
Rp. 281.000
|
|
|
Es
kul cool
|
500
|
|
|
Harga persatuan produksi
|
|
Rp. 562
|
b. Kebutuhan Modal
|
Biaya Investasi
|
Volume
|
Biaya
|
|
|
Pembelian
kompor Gas + tabung
|
1 unit
|
Rp 600.000
|
Rp 600.000
|
|
Sewa
rumah produksi (kios)
|
3
bulan pertama
|
Rp 600.000
|
Rp 1.800.000
|
|
Box
plastik transparan
|
30 buah
|
Rp 6.000
|
Rp 180.000
|
|
Kulkas
|
1
buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 1.500.000
|
|
|
|
|
|
|
Biaya
Operasional
|
|
|
|
|
Biaya
produksi
|
30
|
Rp 191.000
|
Rp
5.730.000
|
|
Biaya
distribusi
|
30
|
Rp 60.000
|
Rp
1.800.000
|
|
Biaya karyawan
|
1
|
Rp. 1.600.000
|
Rp 1.600.000
|
|
Total Modal Awal Yang Diperlukan Rp 13.210.000
|
|||
- Estimasi pendapatan Perhari
|
ITEM
|
|
VOLUME
|
TOTAL
|
|
Biaya
produksi per satuan produk
|
Rp.
562
|
|
|
|
Biaya
distribusi persatuan produk
|
Rp. 120
|
|
|
|
Biaya
pembuatan persatuan produk
|
Rp. 107
|
|
|
|
Total
biaya per satuan produk
|
Rp. 789
|
500
|
Rp. 394.500
|
|
|
|||
|
Harga
jual per satuan produk (net)
|
Rp.1.500
|
500
|
Rp. 750.000
|
|
|
|||
|
Estimasi
keuntungan persatuan produk
|
Rp. 711
|
|
Rp. 355.500
|
6. Potensi
PROFIT
Target penjualan produk, 1000 potong es untuk setiap bulan dalam 3 bulan
pertama. Selanjutnya, penjualan ditarget meningkat 25 sampai 30 persen setiap bulan.
7. Luaran
yang Diharapkan
Luaran
yang diharapkan dari usaha kami adalah menjadi media penyedia salah satu
minuman/makanan
khas Indonesia serta melestarikannya yaitu Es Kul Cool
yang disajikan dalam kemasan yang simpel dan menarik sehingga memberikan
tingkat kepuasan yang lebih bagi para pecinta kuliner Indonesia. Es Kul Cool ini dapat dinikmati
oleh semua kalangan, karena harga yang ditawarkan pun relatif murah, Usaha
produksi Es Kul Cool ini diharapkan dapat menjadi alternatif
peluang usaha bagi masyarakat Indonesia sehingga dapat menurunkan tingkat
pengangguran. Maka dengan
demikian usaha ini dapat berperan aktif dalam perkembangan
ekonomi di Indonesia. Selain itu Es Kul Cool ini dapat menjadi pilihan solusi
terbaik bagi masyarakat luas untuk mengisi waktu luang mereka disela- sela
kesibukan yang penat. Omset penjualan Es Kul Cool dalam sebulan dicanangkan dapat
mencapai kurang lebih Rp10.665.000 diluar uang modal. Target omset ini sangat
membantu team Es Kul Cool
dalam membantu proses kesehariannya, juga membantu proses perkuliahannya. Dalam
waktu dekat, Es Kul Cool
ini dapat bersaing di pasar karena memiliki banyak keunggulan, mulai dari keunikan
pengemasannya, mudahnya proses jual beli, beraneka ragam tawaran rasa dan
varian buah yang ditawarkan dan harganya yang relatif terjangkau. Dalam
kategori bisnis rumahan, Es
Kul Cool harus
menjadi inspirator baru bagi masyarakatIndonesia.
No comments:
Post a Comment