Anak Rantau Penikmat Senja

Orang biasa yang masih terus belajar dan melatih syukur

Tuesday, 1 July 2014

Proposal Usaha


Personal Data
Nama                                      : Fitria Fajrina
Tempat & Tanggal Lahir     : Bogor, 23 Februari 1993
Status Pendidikan                 : Mahasiswi FBS Universitas Negeri Jakarta
Alamat                                    : Kp. Kaum Rt 03/01 No. 50 Karang Asem Barat-                                                              Citeureup- Bogor
Telpon/mobile                        : 021- 87908971/ 089634647617
Email                                      : fifa_ctr@yahoo.com
Jenis Produk                          : Es Kul Cool

1. Latar Belakang
            Ide ini berawal dari kecintaan saya terhadap es. Hampir semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai es. Es merupakan salah satu minuman bernuansa dingin dan memberikan efek kesegaran. Es dapat diolah menjadi beragam bentuk dengan keistimewaannya masing- masing. Salah satu macamnya adalah “Es Kul Cool.                 Es Kul Cool saat ini belum menjadi jajanan masyarakat luas, disebabkan keterbatasan tenaga ahli pembuatnya. Namun peminat Es Kul Cool sebetulnya terus meningkat dan menjadi komunitas pelanggan tersendiri. Banyak hal yang membuat Es Kul Cool menarik perhatian para pecinta kuliner, hal pertama selain harganya yang bisa terjangkau, Es Kul Cool adalah minuman yang bahan baku dasarnya berasal dari buah- buahan. Seperti  Es Kul Cool buah pisang misalnya memiliki banyak manfaat, yaitu diantaranya bahwa zat-zat bermanfaat yang terkandung dalam buah pisang mudah di serap oleh tubuh, bermanfaat dalam penyembuhan anemia, dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya berpikir dan kaya serat sehingga baik untuk diet, sehingga jika kita mengkonsumsi Es Kul Cool dengan variasi bahan baku buah tersebut, minimal asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita bisa terpenuhi. Bisnis Es Kul Cool ini merupakan salah satu bisnis yang mudah dilakukan dan sekaligus untuk mengisi waktu luang disamping tugas pokok sebagai mahasiswa.
2. Tujuan
Tujuan dari usaha Es Kul Cool ini adalah:
a.    Melestarikan salah satu makanan khas Indonesia
b.    Membantu para pecinta kuliner Indonesia dalam menemukan minuman khas Indonesia
c.    Salah satu cara mudah dalam peningkatan kandungan gizi dalam tubuh
d.   Salah satu alternatif penghilang stres.
e.    Mengembangkan minat usaha sehingga menghasilkan pemasukan keuangan tambahan



3. Promosi

a.                               Es Kul Cool (dengan aneka varian buah-buahan) adalah es buah yang dilapisi coklat kental . Tampilan ini berbeda dengan Es Kul Cool yang sudah ada di masyarakat, produk Es Kul Cool ini dibuat dengan ukuran khusus, disamping dilapisi coklat yang kental, juga ditaburi coklat powder dan dikemas dengan unik dan rapi, sehingga terlihat lebih menarik.
b. Kelebihan lain dari Es Kul Cool adalah :

Œ  Harga terjangkau untuk semua kalangan
Œ  Kandungan gizi cukup dan menjadi sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia
Œ  Proses pembuatannya manual dan hygienis, sehingga jauh dari bahan- bahan kimia yang membahayakan
Œ  Disajikan dalam kemasan yang simpel dan menarik
Œ  Disediakan layanan pesan antar sehingga dapat memudahkan pembeli.

4. Rencana Usaha Pemasaran

Es Kul Cool adalah sebuah usaha kuliner yang akan dipasarkan melalui jalur media baik secara online atau offline , dimana hal ini memberikan sensasi baru bagi para pecinta kuliner. Es Kul Cool juga disajikan dalam kemasan yang menarik dan simpel sehingga mudah dibawa pembeli. Adapun sasaran yang hendak dituju pada usaha Es Kul Cool ini adalah seluruh strata masyarakat.

Berikut adalah target pemasaran yang dimaksud dalam proposal ini :
G  Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menegah Atas berdomisili di Bogor
G  Masyarakat luas di sekitar rumah produksi
G  Sistem titip ke warung-warung di sekitar rumah produksi, kantin sekolah atau koperasi sekolah
G  Masyarakat luas di Indonesia
Adapun teknik pemesanan yang akan digunakan di Es Kul Cool ini adalah sebagai berikut :
è Melalu rumah produksi khusus Es Kul Cool yang berfungsi sekaligus sebagai kios jualan
è Mengadakan kerjasama dengan kantin/koperasi sekolah
è System layanan pesan antar, selain disediakan nomor hotline, juga bisa dilakukan via email, facebook, twitter dll
è Dalam upaya promosi, jualan Es Kul Cool ini dilakukan juga melalui media sosial online seperti facebook, twitter, dll. Selain itu juga melalui pamflet dan spanduk.
è Atau dengan sistem COD, yaitu system dimana pelanggan memesan dan dibayar saat Es Kul Cool sampai ditangan pelanggan/pembeli.




5. Biaya Produksi dan Pemasaran
            Adapun rekapitulasi anggaran dana pada usaha Es Kul Cool ini adalah sebagai berikut :
a.      Biaya Produksi
Bahan- bahan
Volume
Biaya
Pisang Lampung
10 Tandan
 Rp. 100.000
Stik es krim
5 Pack
 Rp.   15.000
Coklat batangan
6 Buah
 Rp.   60.000
Coklat Tabur warna-warni
3 Bungkus
 Rp.   15.000
Kacang tanah
1 kg
 Rp.     5.000
Mentega
 1 kg
 Rp.   10.000
Minyak Kelapa
2 liter
 Rp.   18.000
Gula Pasir
2 kg
 Rp.   18.000
Cetak plastik kemasan
1 pack
 Rp.   25.000
Gas elpiji
1 tabung
Rp.    15.000
Total
 Rp. 281.000

Es kul cool
500

Harga persatuan produksi

Rp. 562

b.      Kebutuhan Modal
Biaya Investasi
Volume
Biaya

Pembelian kompor Gas + tabung
1 unit
Rp    600.000
Rp    600.000
Sewa rumah produksi (kios)
3 bulan pertama
Rp    600.000
Rp 1.800.000
Box plastik transparan
30 buah
Rp        6.000
Rp    180.000
Kulkas
1 buah
Rp 1.500.000
Rp 1.500.000




Biaya Operasional



Biaya produksi
30
Rp     191.000
Rp 5.730.000
Biaya distribusi
30
Rp       60.000
Rp 1.800.000
Biaya karyawan
1
Rp. 1.600.000
Rp 1.600.000
                   Total Modal Awal Yang Diperlukan                                               Rp 13.210.000

  1. Estimasi pendapatan Perhari
ITEM

VOLUME
TOTAL
Biaya produksi per satuan produk
Rp. 562


Biaya distribusi persatuan produk
Rp. 120


Biaya pembuatan persatuan produk
Rp. 107


Total biaya per satuan produk
Rp. 789
500
Rp. 394.500

Harga jual per satuan produk (net)
Rp.1.500
500
Rp. 750.000

Estimasi keuntungan persatuan produk
Rp. 711

Rp. 355.500

6.     Potensi PROFIT
Target penjualan produk, 1000 potong es untuk setiap bulan dalam 3 bulan pertama. Selanjutnya, penjualan ditarget meningkat 25 sampai 30 persen setiap bulan.

7.         Luaran yang Diharapkan
            Luaran yang diharapkan dari usaha kami adalah menjadi media penyedia salah satu minuman/makanan khas Indonesia serta melestarikannya yaitu Es Kul Cool  yang disajikan dalam kemasan yang simpel dan menarik sehingga memberikan tingkat kepuasan yang lebih bagi para pecinta kuliner Indonesia. Es Kul Cool ini dapat dinikmati oleh semua kalangan, karena harga yang ditawarkan pun relatif murah, Usaha produksi Es Kul Cool  ini diharapkan dapat menjadi alternatif peluang usaha bagi masyarakat Indonesia sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran. Maka dengan demikian usaha ini dapat berperan aktif dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Selain itu Es Kul Cool ini dapat menjadi pilihan solusi terbaik bagi masyarakat luas untuk mengisi waktu luang mereka disela- sela kesibukan yang penat. Omset penjualan Es Kul Cool dalam sebulan dicanangkan dapat mencapai kurang lebih Rp10.665.000  diluar uang modal. Target omset ini sangat membantu team Es Kul Cool dalam membantu proses kesehariannya, juga membantu proses perkuliahannya. Dalam waktu dekat, Es Kul Cool ini dapat bersaing di pasar karena memiliki banyak keunggulan, mulai dari keunikan pengemasannya, mudahnya proses jual beli, beraneka ragam tawaran rasa dan varian buah yang ditawarkan dan harganya yang relatif terjangkau. Dalam kategori bisnis rumahan, Es Kul Cool harus menjadi inspirator baru bagi masyarakatIndonesia.


No comments:

Post a Comment