RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
|
SatuanPendidikan
|
: SMP Muhammadiyah 31
|
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Arab
|
|
MateriPembelajaran
|
: العدد من ۱۱- ٢۰ للمؤنّث
|
|
Kelas/ Semester
|
: VIIIa/ Gasal
|
|
PertemuanKe-
|
: 1 (Satu)
|
|
AlokasiWaktu
|
: 4 x 40’
|
A.
Standar Kompetensi
Menguasai
empat keterampilan dasar berbahasa Arab (menyimak, berbicara, membaca dan
menulis)
B.
Kompetensi
Dasar
Siswa mampu
menyimak, berbicara, membaca dan menulis tentang lingkungan kelas yang memuat
tentang الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN HASIL BELAJAR
1.
Siswa mampu
memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengakan tentang sekolah
2.
Siswa mampu
mengulangi bunyi, ujaran, (kata, frase, kalimat) dalam konteks tentang sekolah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume
suara yang jelas
3.
Siswa mampu bertanya
jawabtentang sekolah
dan dapat merelevansikan dengan kehidupan sehari- hari
4.
Siswa mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
tentang sekolah
5.
Melakukan dialog
sederhanatentanglingkungankelasdenganlafal yang tepatdanbenar
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Memahami
konsep penggunaan الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة
2.
Menyebutkan
kosakata kerja yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
3.
Dapat menyimpulkan pikiran pokok dari wacana lisan atau dialog sederhana
E.
Materi
Pembelajaran
§ Bilangan bertingkat العدد من ۱۱- ٢۰ للمؤنّث
§ الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة
F.
Metode
Pembelajaran
§ Metode ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran, sebagai penerangan secara lisan atas bahan
pembelajaran juga untuk menimbulkan inspirasi bagi siswa.
§ Metode diskusi : Metode ini digunakan
untuk mendiskusikan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran,
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang dialog yang siswa
simak. Juga agar siswa saling berinteraksi dan bertukar pendapat sehingga
suasana belajar menjadi Interaktif. Metode ini pun dapat meningkatkan pemahaman
konsep dan keterampilan memecahkan masalah bagi siswa
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek
Life Skill
Yang
Dikembangkan
|
|
v Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
§ Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
§ Guru
mengecek kehadiran siswa
§ Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
§ Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi:
Kompetensi dasar dan indikator pencapaian
§ Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
§ Menanyakan
kepada siswa tentang perjalanan mereka menuju sekolah dan kegiatan mereka di sekolah
v Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Siswa menyimak dengan baik dialog yang
diperdengarkan
§ Siswa
mencatat kata yang mereka dengar dari dialog yang diperdengarkan
§ Siswa mengulangi kembali bunyi, ujaran, (kata, frase,
kalimat) yang
telah mereka dengar
§ Siswa
mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru
§ Siswa
menyebutkan kata-kata yang didengar
§ Siswa
mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
§ Siswa
menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
§ Siswa
dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
Elaborasi
§ Siswa mendemonstrasikan apa yang telah mereka pahami dari dialog
yang diperdengarkan
§ Siswa berdiskusi mengenai
tema dari dialog yang telah diperdngarkan
§ Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas
Konfirmasi
§ Guru
memberikan penguatan tentang kesimpulan dari dialog yang telah
diperdengarkan
§ Memberikan
kesempatan peserta didik untuk bertanya jawab dengan guru guna meluruskan
kesalahfahaman, serta memberikan penguatan dan kesimpulan
v Kegiatan
penutup
Siswadan
guru melakukan
refleksi antara lain :
§ Refleksi keberhasilan, kesulitan dan kendala siswa dalam memahami materi
§ Bertanggungjawab terhadap metode pembelajaran, apakah disenangi siswa atau tidak
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
§ Guru menginformasikan tentang pelajaran yang akan di pelajari di pertemuan berikutnya
|
10
50
20
|
Pemahaman
Konsep
|
H.
Media Pembelajaran
1.
Video
pembelajaran
2.
Power
Point Pembelajaran
I.
sumber Pembelajaran
1.
Buku paket
yang digunakan adalah buku “ Al- ‘Ashri ” Belajar Bahasa Arab Modern untuk
kelas VIII karya H. Awaluddin, M. Ag dkk., sesuai kurikulum muhammadiyah dan
kurikulum 2013
2.
Kitab Al
‘Arabiyatu Baina Yadaik Al Awwal
3.
Video
Pembelajaran Al ‘Arabiyah Baina Yadaik Al Awwal
4.
Al kitaab al
madrosiyah lil ‘Iraaq
5. www.
Belajarpsikologi. com
J.
Alat
pembelajaran
1. Whiteboard
2. Spidol
3. Proyektor
4. Laptop
K.
Assessment
/ Penilaian
A.
Prosedur Evaluasi
Evaluasi dilakukan
melalui beberapa tes ; tes awal, tes dalam proses dan tes akhir.
B.
Jenis Tes
1.
Tes awal dilakukan
secara lisan melalui tanya jawab tentang materi yang baru diajarkan sesuai
dengan indikator pencapaian hasil belajar dalam pembelajaran.
2.
Tes dalam proses
dilaksanakan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung melalui pengamatan
pada saat peserta didik berada dalam KBM
3.
Tes akhir dilakukan
dengan memberikan ujian tulis sesuai dengan materi pembelajaran.
C.
Alat Tes Tulis
(Terlampir)
D.
Penilaian
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
|
§
Mengidentifikasi
makna dari
kata-kata / kalimat yang telah didengar
§ Menentukan tema
dari wacana
lisan
§ Mengungkapkan kembal
iinformasi rinci
dari wacana
lisan
§
Menyebutkan
bilangan 1- 20 dalam bahasa Arab
§
Melakukan
dialog secara berpasangan
|
Tes
lisan
|
Uraian
|
§
Sebutkan
arti dari kata-kata / kalimat tentang “sekolah”
§
Hafalkan
bilangan 1- 20 dalam bahasa Arab
§
Hafalkan
dialog secara berpasangan
|
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
|
§
Mengartikan
kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
§
Membuat
kalimat dengan bilangan bertingkat
§
Menentukan
bilangan dari gambar yang disediakan
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
§
Lengkapilah
kalimat dengan kata yang telah disediakan
§
Terjemahkan
ke dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia
|
E.
Penskoran
|
Nomor
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
|
1.
|
1)
Pergi
2)
Pagi- pagi
3)
Memulai
4)
Waktu belajar
5)
Kendaraan umum
6)
Selesai
7)
Jam pelajaran
8)
Waktu istirahat
9)
Perpustakaan
10)
laboratorium
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|
2.
|
2)
ثما ني عَشَرَةَ منَّارة
3)
سِتَّ عَشَرَةَ صَحِيْفَةً
4)
أَرْبَعَ عَشَرَةَ مِرْوَحَة
5)
إثنتا عَشَرَةَ ساعةً
6)
إِحْدَى عَشَرَةَرَكْعَةً
7)
ثلاث عَشَرَةَ نَمْرَةً
8)
خَمْسَ عَشَرَةَ مَجَلَّةً
9)
سَبْعَ عَشَرَةَ سُوْرَةً
10)
تِسْعَ عَشَرَةَ سَجَّادَةً
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
|
|
1.
لِلْمُسْلِمِ إِحْدَى
عَشْرَةَ صلاةً وَلِلْمُسْلِمَةِ عِشْرُوْنَ صلاةً
2.
لِلْمُسْلِمِ إِحْدَى
عَشْرَةَ رَكْعَةً وَلِلْمُسْلِمَةِ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً
3.
لِلْمُسْلِمِ إِحْدَى
عَشْرَةَ سًوْرَةً وَلِلْمُسْلِمَةِ عِشْرُوْنَ سُوْرَةً
4.
لِلْمُسْلِمِ إِحْدَى
عَشْرَةَ سَاعَةً وَلِلْمُسْلِمَةِ عِشْرُوْنَ سَاعَةً
5.
لِلْمُسْلِمِ إِحْدَى
عَشْرَةَ بِرْكَةً وَلِلْمُسْلِمَةِ عِشْرُوْنَ بِرْكَةً
|
2
2
2
2
2
|
|
|
1. سِتُّ كَتَبٍ
2. ثَمَانِيَةُ أقْلاَم
3. عِشْرُوْنَ رَأْسًا
4. سِتَّةُ أرْجُلٍ
5. ثَلاَ ثَةَ عَشَرَ مُدَرِّسًا
|
2
2
2
2
2
|
|
TOTAL
|
50
|
|
Teknis Penilaian = Jumlah soal benar x 2= Nilai
|
Mengetahui
Guru Pamong Bidang Studi Bahasa Arab
Mugi Rahayu S. Pd
NBM: 1042671
|
|
Jakarta , 8 September 2014
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Fitria Fajrina
NIM. 2715115631
|
|
|
|
|

No comments:
Post a Comment