buat guru guru bahasa Arab, untuk memudahkan target yang akan kita ajarkan kepada anak didik tercinta, sebaiknya kita buat pula Program Tahunan untuk pembelajaran setahun kedepan
salam semangat semua
-fajrina-
PROGRAM TAHUNAN
|
|
Kelas
|
: VIII
|
|
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Arab
|
Tahun Pelajaran
|
: 2014- 2015
|
|
SMT
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
(Jam)
|
Ket.
|
|
1
|
Mendengarkan
1.
Memahami
dialog interaktif pada tayangan
|
1.1.
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan tentang kegiatan di masjid yang
memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، هذا،هذه،ذلك، ما،أ.
1.2.
Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang kegiatan di masjid yang memuat
:
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، هذا،هذه،ذلك، ما،أ.
yang meliputi bilangan bertingkat.
|
1
|
|
|
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab
|
2.1.Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab tentang keadaan di masjid yang memuat:
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، هذا،هذه،ذلك، ما،أ.
2.2.Melakukan dialog sederhana tentang keagiatan di masjid dengan lafal yang tepat dan benar.
2.3.Menjelaskan
tentang kegiatan di masjid melalui
kegiatan bercerita dengan benar dengan menerapkan kata هذا،هذه،ذلك،
ما،أ
|
2
|
|
|
|
Membaca
3.
Memahami
berbagai agam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik
fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan
pokok pikiran.
|
3.1.Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata,
frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema tentang sekolah
3.2.Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di sekolah
3.3.Menemukan informasi umum dan atau rinci dari
wacana tulis sederhana tentang sekolah
3.4.Bercerita dengan menggunakan media gambar
aktivitas di sekolah dan masjid
dengan tepat dan benar menggunakan kata هذا،هذه،ذلك، ما،أ
|
2
|
|
|
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau
nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan kelas
|
4.1.Menulis paragraf sederhana tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata هذا،هذه،ذلك،
ما،أ
4.2.Merangkum wacana teks tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata هذا،هذه،ذلك، ما،أ
4.3.Menulis kalimat bilangan bertingkat dalam jumlah mufidah
4.4.Menerapkan kata
tanya yang tepat dalam sebuah kalimat
4.5.Menulis kalimat
bahasa arab dengan indah
|
1
|
|
|
|
Mendengarkan
5.
Memahami
dialog interaktif pada tayangan
|
5.1.
Mengidentifikasi
bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam
suatu konteks wacana dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
5.2.
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan tentang sekolah yang memuat:
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء،
بين، من، ماذا، أين و هل
5.3.
Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang sekolah yang memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء،
بين، من، ماذا، أين و هل yang meliputi bilangan bertingkat.
|
2
|
|
|
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab
|
6.1.
Menyampaikan
informasi secara lisan tentang lingkungan
kelas dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kata فى، على، تحت،
فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
6.2.
Melakukan
dialog sederhana tentang lingkungan kelas dengan lafal yang tepat dan benar
dengan menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
6.3.
Menjelaskan tentang lingkungan kelas melalui kegiatan bercerita dengan benar dengan
menerapkan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
|
3
|
|
|
|
Membaca
7.
Memahami
berbagai agam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik
fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan
pokok pikiran.
|
7.1.Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata,
frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema tentang المسجد
7.2.Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di masjid
7.3.Menemukan informasi umum dan atau rinci dari
wacana tulis sederhana tentang المسجد
7.4.Bercerita dengan menggunakan media gambar
aktivitas di sekolah dan masjid
dengan tepat dan benar menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من،
ماذا، أين و هل
|
2
|
|
|
|
Menulis
8.
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau
nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan kelas
|
8.1.Menulis paragraf sederhana tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata فى، على، تحت،
فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
8.2.Merangkum wacana teks tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
8.3.Menulis kalimat bilangan bertingkat dalam jumlah mufidah
8.4.Menerapkan kata
tanya yang tepat dalam sebuah kalimat
8.5.Menulis kalimat
bahasa arab dengan indah
|
3
|
|
|
|
Mendengarkan
9.
Memahami
dialog interaktif pada tayangan
|
9.1.
Menemukan kosa kata baru dalam video
9.2.
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan tentang السفر إلى المدينة memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ،
أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
9.3.
Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang السفر إلى المدينة yang memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء،
بين، من، ماذا، أين و هل
|
3
|
|
|
|
Berbicara
10. Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab
|
9.4.
Menyampaikan
informasi secara lisan tentang kampung
halaman dengan lafal yang tepat dan benar dengan menerapkan kata sifat dan menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ،
أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
9.5.
Melakukan
dialog sederhana tentang kampung halaman dengan lafal yang tepat dan benar dengan menerapkan kata sifat dan menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ،
أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
9.6.
Menjelaskan tentang kampung halaman melalui kegiatan bercerita
dengan benar dengan menerapkan
kata sifat dan menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ،
أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
|
3
|
|
|
|
Membaca
10.
Memahami
berbagai agam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik
fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan
pokok pikiran.
|
10.1. Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata,
frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema tentang kampung halaman
10.2.
Mengidentifikasi
kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kampung halaman
10.3.
Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang kampong halaman
10.4.
Bercerita
dengan menggunakan media gambar dengan
tepat dan benar menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ،
أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
10.5.
Menemukan antonim dari beberapa kata sifat
dan menerapkan dalam jumlah mufiidah
|
3
|
|
|
|
Menulis
11.
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau
nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan kelas
|
11.1.
Menulis
paragraf sederhana tentang kampung halaman dengan menggunakan kata الأسماء المذكرة
و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها،
ماذا، أ، هل، لمن serta menerapkan
kata sifat dan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah dan jumlah
ismiyah
11.2.
Menerapkan حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها
yang tepat
dalam sebuah kalimat
11.3.
Menerapkan kata tanya yang tepat dalam
sebuah kalimat
11.4.
Menulis kalimat bahasa arab dengan indah
11.5.
Melengkapi kalimat menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah dan jumlah ismiyah
|
3
|
|
|
|
|
UTS
|
2
|
|
|
|
|
US
|
2
|
|
|
|
|
Ulangan
|
5
|
|
|
|
|
Remedial
|
3
|
|
|
|
Jumlah Jam Pelajaran
|
|
38
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment