Anak Rantau Penikmat Senja

Orang biasa yang masih terus belajar dan melatih syukur

Wednesday, 3 June 2015

ProTa (program Tahunan) pelajaran Bahasa Arab kelas VIII



buat guru guru bahasa Arab, untuk memudahkan target yang akan kita ajarkan kepada anak didik tercinta, sebaiknya kita buat pula Program Tahunan untuk pembelajaran setahun kedepan
salam semangat semua
-fajrina-
PROGRAM TAHUNAN

Kelas
: VIII
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Tahun Pelajaran
: 2014- 2015

SMT
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
(Jam)
Ket.
1
Mendengarkan
1.    Memahami dialog interaktif pada tayangan
1.1.   Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan tentang kegiatan di masjid yang memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، هذا،هذه،ذلك، ما،أ.
1.2.   Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang kegiatan di masjid yang memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، هذا،هذه،ذلك، ما،أ.
 yang meliputi bilangan bertingkat.
1


Berbicara
2.    Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
2.1.Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang keadaan di masjid yang memuat:
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، هذا،هذه،ذلك، ما،أ.
2.2.Melakukan dialog sederhana tentang keagiatan di masjid dengan lafal yang tepat dan benar.
2.3.Menjelaskan  tentang kegiatan di masjid melalui  kegiatan bercerita dengan benar dengan menerapkan kata هذا،هذه،ذلك، ما،أ
2


Membaca
3.      Memahami berbagai agam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran.
3.1.Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema tentang sekolah
3.2.Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di sekolah
3.3.Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang sekolah
3.4.Bercerita dengan menggunakan media gambar aktivitas di sekolah dan masjid  dengan  tepat dan benar  menggunakan kata هذا،هذه،ذلك، ما،أ
2


Menulis
4.      Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan kelas
4.1.Menulis paragraf sederhana tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata هذا،هذه،ذلك، ما،أ
4.2.Merangkum wacana teks tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata هذا،هذه،ذلك، ما،أ
4.3.Menulis kalimat bilangan bertingkat dalam jumlah mufidah
4.4.Menerapkan kata tanya yang tepat dalam sebuah kalimat
4.5.Menulis kalimat bahasa arab dengan indah
1


Mendengarkan
5.    Memahami dialog interaktif pada tayangan
5.1.   Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks wacana dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat
5.2.   Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan tentang sekolah yang memuat:
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
5.3.   Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang sekolah yang memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل yang meliputi bilangan bertingkat.
2


Berbicara
6.    Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
6.1.   Menyampaikan informasi secara lisan tentang  lingkungan kelas dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
6.2.   Melakukan dialog sederhana tentang lingkungan kelas dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
6.3.   Menjelaskan  tentang lingkungan kelas melalui  kegiatan bercerita dengan benar dengan menerapkan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
3


Membaca
7.      Memahami berbagai agam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran.
7.1.Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema tentang المسجد
7.2.Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di masjid
7.3.Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang المسجد
7.4.Bercerita dengan menggunakan media gambar aktivitas di sekolah dan masjid  dengan  tepat dan benar  menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
2


Menulis
8.      Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan kelas
8.1.Menulis paragraf sederhana tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
8.2.Merangkum wacana teks tentang المدرسة و المسجد dengan menggunakan kata فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
8.3.Menulis kalimat bilangan bertingkat dalam jumlah mufidah
8.4.Menerapkan kata tanya yang tepat dalam sebuah kalimat
8.5.Menulis kalimat bahasa arab dengan indah
3


Mendengarkan
9.    Memahami dialog interaktif pada tayangan
9.1.   Menemukan kosa kata baru dalam video
9.2.   Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan tentang السفر إلى المدينة memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
9.3.   Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang السفر إلى المدينة yang memuat :
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، فى، على، تحت، فوق، أمام، وراء، بين، من، ماذا، أين و هل
3


Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab
9.4.   Menyampaikan informasi secara lisan tentang  kampung halaman dengan lafal yang tepat dan benar dengan menerapkan kata sifat dan menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
9.5.   Melakukan dialog sederhana tentang kampung halaman dengan lafal yang tepat dan benar dengan menerapkan kata sifat dan menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
9.6.   Menjelaskan  tentang kampung halaman melalui  kegiatan bercerita dengan benar dengan menerapkan kata sifat dan menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
3


Membaca
10.  Memahami berbagai agam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran.
10.1.     Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema tentang kampung halaman
10.2.     Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kampung halaman
10.3.     Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang kampong halaman
10.4.     Bercerita dengan menggunakan media gambar dengan  tepat dan benar  menggunakan kata
الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن
10.5.     Menemukan antonim dari beberapa kata sifat dan menerapkan dalam jumlah mufiidah
3


Menulis
11.  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan kelas
11.1.     Menulis paragraf sederhana tentang kampung halaman dengan menggunakan kata الأسماء المذكرة و الأسماء المؤنثة، حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها، ماذا، أ، هل، لمن serta menerapkan kata sifat dan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah dan jumlah ismiyah
11.2.     Menerapkan حرف (لــ)، أنا- لى، أنت- لكَ، أنت- لكِ، هو-له، هي- لها yang tepat dalam sebuah kalimat
11.3.     Menerapkan kata tanya yang tepat dalam sebuah kalimat
11.4.     Menulis kalimat bahasa arab dengan indah
11.5.     Melengkapi kalimat menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah dan jumlah ismiyah









3



UTS
2



US
2



Ulangan
5



Remedial
3


Jumlah Jam Pelajaran

38






No comments:

Post a Comment